Rabu, 24 Oktober 2007

Piramid

Jalan-jalan
Piramid, makam terbesar didunia
Kak Haidar
Adik-adik yang soleh…kalian tahu tidak salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang berasal dari Mesir ? pasti tahu ya..yaitu Piramid, suatu bangunan tempat makam raja-raja Mesir kuno, bentuknya segitiga dan besar terletak di kawasan yang disebut Bandar Kematian Giza.

Sampai sekarang tidak seorang pun tahu bagaimana orang-orang Mesir ribuan tahun lalu sanggup membangun bangunan yang tidak saja kemegahannya, tapi jugs ketelitian konstruksi. Batu-batu yang disusun sangat rapi dan teliti sehingga pisau silet pun tidak bisa diselipkan diantara batu itu. Bentuknya sangat geometris, dengan dasar berbentuk kubus kemudian diatasnya batu-batu berbentuk segitiga yang ukurannya semua sama, setiap batu minimal beratnya 2 ton. bahkan ada yang sampai 70 ton. Lalu, bagaimana cara menyusun batu sebesar dan seberat ini hingga menjulang tinggi?
Anehnya, suhu didalam piramid selalu tetap stabil yaitu, 20 derajat celcius dan tahan gempa. Menurut tulisan yang diketemukan dalam bentuk hiroglip, lorong buntu di dalamnya menuju ke arah bintang Orion di langit. Piramida itu sendiri berfungsi sebagai bandar laut pemberangkatan kapal yang akan ditumpangi roh firaun yang mau berlayar ke tempat dewanya, yaitu Osiris. Tapi ini menurut mereka,.....awas, kalian jangan sampai percaya sebab dalam tuntunan Islam, yang demikian ini namanya syirik.
Sedangkan pintu gerbang yang menghadap arah utara atau disebut bintang Polaris, akan dimasuki cahayanya yang persis menyinari lantai dalam. Orang Mesir purba terbukti amat mahir dalam mengukur kedudukan bintang, karena ketika menyusun Piramid Agung, selalu mengikuti Bintang Utara di langit sehingga dapat memberikan petunjuk usia Piramid itu sendiri

Diantara beberapa Piramid, yang paling besar adalah Piramid Kufu yang tingginya mencapai 482 kaki, dibuat pada tahun 2600 sebelum Masehi oleh arsitek Imhotep. Konon pembangunannya menghabiskan 2 juta batu blok dan membutuhkan waktu pembangunan selama 20 tahun dengan 10 ribu pekerja. Batu blok yang berasal dari batu kapur ini dihaluskan sampai mengkilap, sehingga ketika dipandang dari kejauhan akan terlihat berkilauan jika terkena sinar matahari..

Piramid Kufu merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang tertua dan masih terawat. Sedangkan didalam bangunan tersebut terdapat Mummi (mayat yang diawetkan dengan cara dibalsam) Raja Cheops, yaitu Fir’aun Kufu keturunan bangsa Mesir keempat.yang memerintah dari tahun 2606-2583 SM.



Letak deretan piramida di Gizeh meniru persis deretan bintang pembentuk sabuk Osiris dalam rasi bintang Orion.

Dewa Kematian pelindung semua jenazah, Anubis,menyiapkan pharao yang akan berlayar ke ruang angkasa,untuk menyatu dengan Godfather-nya.
Lorong buntu dalam piramida sebelah kiri mengarah ke bintang Osiris (Orion) dan Isis (Sirius), sedangkan lorong di sebelah kanan mengarah ke bintang Stella Polaris.





.



...






Dikomplek bangunan ini terdiri dari berbagai bagian yang dihubungkan dengan jalan agak lebar menuju dua kuil dan tiga Piramid kecil tempat dimana permaisuri dimakamkan. Disini akan ditemukan lubang-lubang makam para bangsawan. Satu lagi piramid kecil dimana Ratu Hetephheres dimakamkan pada tahun 1925 SM yang merupakan istri Snefru.

Tak jauh dari Piramid tersebut terdapat patung singa berkepala manusia yang dikenal dengan nama Sphinx. Oleh orang-orang Mesir kuno, patung ini fungsinya untuk menjaga makam-makam raja.



Sebetulnya selain Piramid Kufu, juga masih ditemukan beberapa piramid Khafre yang merupakan makam waris Kufu yang merwat Sphinx agung, kemudian sebelahnya lagi Piramid Menkaure yang tingginya hanya setengah dari Khafre. Disebelah selatannya lagi akan dijumpai Piramid Nubia yang dibangun sekitar 300 sebelum Masehi. Orang-orang Babylonia meniru gaya pembangunan piramid ini di Mesopotamia yang dikenal dengan namn Ziggurat.

Tidak ada komentar: