Selasa, 23 Oktober 2007

Ayam jantan dari timur yang jenius

T o k o h
Ayam jantan dari timur yang jenius
Pada jaman sekarang ini banyak sekali hiburan-hiburan, terutama film-film di televisi sehingga membuat adik-adik sering menonton dan lupa akan belajarnya. Akibatnya ….nilai banyak yang merosot. Tapi jika ingin pandai contohlah seperti kakak kita yang lagi duduk di SMP Islam Athirah, Makassar Muhammad Firmansyah Kasim.

Remaja berkulit legam dan berbadan kurus kelahiran 26 Oktober 1991 ini bukan saja tekun dalam shalat dan menimba ilmu agama, tapi juga dalam pelajaran sekolah. Buktinya, ia sudah berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia lewat prestasinya yang luar biasa yaitu : menyabet medali emas dalam Olimpiade Fisika tingkat Asia 2007 atau Asian Physics Olympiad VIII (APhO), Shanghai, China. Yang lebih mengherankan lagi, karena ia masih duduk dikelas I SMA. Sedangkan para pesaingnya hampir semua sudah kelas III SMA. Adapun soal-soal yang diberikan ini setara dengan soal Fisika tingkat S2/S3, sehingga kebanyakan para peserta yang dating dari berbagai Negara seperti, Australia, Israel, India, Kazakhtan, Srilangka, China dan yang lainnya tidak mampu mengerjakan soal-soal yang sangat sulit ini.

Bukan itu saja, sebelumnya pada olympiade Fisika Internasional XXXVII di Singapura Juli 2006 yang lalu ia sudah berhasil menyabet medali perak atau juara kedua…subhanallah !………hebat nggak.

Lalu apa resepnya hingga dapat memperoleh prestasi yang luar biasa ? Ternyata ia sangat tekun dalam mengikuti pelatihan intensif menjelang Internasional Junior Science Olympiad di Yogya (Olimpiade sains untuk SMP) tahun 2005 dan pelatihan itu yang memberi kesan Fisika bukan pelajaran yang sulit. Ia menambah porsi belajar setelah Isya sampai mau tidur. Waktu tidurnya tidak menentu. Paling lambat pukul 24.00 malam dan selalu berusaha tidur cepat supaya bugar belajar esok hari.

Adik-adik yang soleh,..ingin seperti kak Firman nggak ? makanya yang rajin belajar…kurangi menonton televisinya dan selalu berdoa kepada Allah agar diberi otak yang cerdas. (Habib)

Spoot :
Siswa madrasah yang hebat.
Tidak ada kata lain yang ditujukan pada siswa yang sejak SD hingga SMA bersekolah di sekolah Islam Athirah ini selain hebat , jenius dan rendah hati.
Berbagai prestasi gemilang yang ditoreh putra dari pasangan Drs. H.M. Kasim-Dra. Hj. Farida Kasim ini antara lain adalah : medali emas di International Junior Science Olympiad (IJSO), Yogyakarta (2005). Kemudian ikut lagi di Asian Physics Olympiad (APhO), Kazakhstan (2006), hanya dapat perunggu. Pada tahun 2006, mengikuti International Physics Olympiad (IPhO) di Singapura (2006), hanya dapat Perak. Yang terakhir, medali medali emas di Asian Physics Olympiad (APhO) Shanghai China (2007).

.

Tidak ada komentar: