Rabu, 24 Oktober 2007

Lebaran bukan untuk hura-hura

L i l i p u t
Lebaran bukan untuk hura-hura
(Haidar)
Adik-adik pembaca yang soleh,…..kalian puasa nggak ? ya harus dong, hukumnya kan wajib. Setelah selesai satu bulan...tibalah hari istimewa yang semua orang sudah menunggu-nunggu. Apa lagi kalau tidak hari lebaran.

Memang, hari lebaran adalah hari kemenangan bagi umat Islam, tapi hari besar ini sudah menjadi tradisi bangsa Indonesia, sehingga setiap kali akan datang, hampir semua orang ingin merayakannya, bahkan yang merantau jauh dari kampungnya pun berusaha untuk pulang mudik. Mereka rela harus berdesak-desakan dibus-bus, dikereta api, terminal-terminal, menempuh perjalanan jauh hanya demi ingin merayakan lebaran bersama keluarga dikampung. Disana-sini , berbagai pusat pembelanjan seperti maal-maal, swalayan maupun pasar-pasar tradisional terlihat sangat ramai pengunjung untuk belanja kebutuhan lebaran.

Ketika lebaran tiba, banyak dijumpai orang-orang memakai baju baru, berbagai makanan khas lebaran seperti opor ayam, ketupat, sirup dan yang lainnya. Dimana-mana telihat orang pada hilir mudik saling berkunjung kesanak keluarga, saudara serta handaitulan, tujuannya selain silaturrahmi adalah saling memaafkan.

Adik-adik pasti juga senang ya, berlebaran pakai baju baru, sepatu baru, dapat uang saku dari sana-sini, merayakan bersama ayah, ibu dan keluarga lainnya atau pergi ketempat-tempat wisata. Tapi kalian harus ingat ! Merayakan hari raya tidak harus bermewah-mewahan atau berlebihan, semua serba baru, ketupat opor dan lain-lainnya harus ada, apalagi menyulut petasan yang sifatnya mubadzir selain mengganggu orang lain juga tidak ada manfaatnya.

Makna Hari raya yang sebetulnya memang merupakan hari kemenangan, tapi tidak harus dipaksakan secara berlebihan apalagi bagi mereka yang jika kurang mampu. Maksud dari kemenangan itu sendiri tak lain adalah kemenangan bagi kaum muslim yang telah berhasil berperang melawan hawa nafsu selama sebulan penuh. Sedangkan untuk perayaan hanyalah semacam tradisi atau kebiasaan yang tidak ada dalam tuntunan Islam. Justru yang tak kalah pentingnya adalah mengoreksi diri sendiri bagaimana puasa kita ini, sudah betul apa belum, lalu... sudahkah kita berzakat fitrah ?

Coba kita lihat disekitar kita, masih adakah saudara, tetangga kurang mampu, atau teman-teman yang sudah tidak mempunyai orang tua. Mereka hatinya sedih tidak bisa seperti yang lainnya dalam merayakan hari raya. Disinilah pentingnya kita berzakat dan bersedekah sehingga mereka yang kurang mampu juga ikut senang dihari raya ini. Kemudian, malamnya boleh kita mengumandangkan takbir sebagai tanda mengagungkan asma Allah, tapi ingat ! jangan sampai kebablasan atau secara berlebihan.
Paginya, biasanya adik-adik setelah bangun tidur sudah ribut menata diri untuk sholat Ied, menyiapkan baju baru dan ini dan itu, sehingga kadang meninggalkan sholat Subuh. Naah......... ini yang tidak boleh. Yang perlu diingat, sholat Ied itu hukumnya sunnah mu’akad (sunah yang diwajibkan) dantidak harus memakai pakaian baru, namun alngkah baiknya memakai yang berwarna putih.

Sudah menjadi kebiasaan, lebaran menjadi ajang silaturrahmi dan saling bermaaf-maafan baik sesama saudara, kerabat atau teman yang jauh maupun dekat, meskipun saling memaafkan tidak harus dihari raya. Lalu, apa yang harus kita perbuat setelah hari raya ?
Disinilah kita harus mengoreksi diri sendiri. Misalnya, jika sebelum Ramadhan dulu sholat 5 waktu masih ada yang kurang, setelah lebaran ini diharapkan sudah lengkap. Jika dulu sholat Subuhnya sering lupa, atau kesiangan sekarang seharusnya bisa tepat waktu dan berjamaah bagi yang putra, atau meningkatkan ibadah lainnya.

Syukur-syukur puasanya bagus kemudian setelah hari raya kalian mau menjalankan puasa syawal atau sehari setelah hari raya. Insya Allah pahalanya sangat luar biasa. Karena Rasulullah saw pernah bersabda dalan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim :
"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian dia berpuasa pula sebanyak 6 hari pada bulan Syawal, seolah-olah dia berpuasa sepanjang masa."

Tidak ada komentar: