Selasa, 23 Oktober 2007

HAKEEM OLAJUWON

Si Dul : Tokoh olah raga
HAKEEM OLAJUWON
Tetap sabar meski difitnah

Adik adik tahukan cabang olah raga bola basket ? permainan yang memasukkan bola kekeranjang yang dipasang diatas. Mungkin bagi kalian yang menggemari olah raga ini akan tahu kompetisi bola basket NBA. Meskipun dinegara Amerika sana, namun banyak bintang bintang basket yang muslim, salah satu diantaranya adalah Hakeem Olajuwon.

Karena kepandaiannya dalam bermain bola basket, ia berhasil membawa klubnya Houston Rockets meraih titel juara NBA pada tahun 1994 dan 1995. Olajuwon sendiri juga berhasil meraih penerima gelar MVP atau pemain terbaik pada tahun 1994. Meskipun hidup ditengah tengah masyarakat non muslim, tapi Hakeem merupakan sosok muslim sejati. Ia sangat dihormati dan disegani karena rendah hati, berperilaku baik dan dikenal cukup taat mendalami ajaran Islam. Yang membuat warga AS terkagum-kagum, karena dia tetap menjalankan ibadah puasa sebulan penuh selama Ramadan, meski harus tetap tampil penuh membela timnya di ajang kompetisi NBA.

Uang hasil dari ia bermain basket banyak digunakan untuk beramal dan hal hal kemaslahatan Disela sela berlatih dan bertanding bola basket, ia secara gencar mendirikan lembaga Islamic Da'wah Center, (pusat dakwah bagi kaum muslim ) di Houston dan yayasan sosial Islam bernama Islamic African Relief Agency (IARA). Lembaga ini bertujuan untuk misi sosial, terutama bagi pihak pihak atau lembaga muslim yang membutuhkan di Afrika.

Meski jiwanya yang sosial dan dermawan, namun ada juga pihak yang tidak senang dengannya. Hal ini terbukti pada tahun 200 hingga 2001, Hakeem dituduh oleh pemerintah Amerika memiliki kaitan dengan jaringan teroris Al-Qaida dan Hamas. Namun semua tuduhan itu dibantah karena lembaganya betul betul murni menyumbang secara ikhlas kepada siapa saja yang membutuhkan, apalagi mereka yang ada sangkut pautnya dengan dakwah Islam.(kak Hidayatullah)

Tidak ada komentar: