Rabu, 24 Oktober 2007

Mount Everest

Jalan jalan
Keagungan ciptaan Allah dipuncak dunia

Adik adik yang soleh, ….kalian tahu nggak, Allah menciptakan permukaan bumi ini tidak datar. Ada lembah, dataran tinggi, juga gunung yang menjulang tinggi. Kalau di Indonesia kita mengenal puncak Jaya wijaya di Papua sebagai salah satu puncak tertinggi di Indonesia, lalu dimanakah puncatau termasuk dalam rangkaian pegunungan Himalaya. Tingginya mau tahu ? Subhanallah…..mencapai 8.848 meter di atas permukaan laut.

Nama Mount Everest diambil dari pendaki asal Inggris yang pertama kali menemukan puncak tertinggi dunia ini pada 17 Januari 1841,.Sir George Everest. Tapi orang Tibet menyebutnya sebagai Chomolungma. Sementara orang-orang Nepal menamainya Sagarmatha.

Uniknya, gunung tersebut selalu diselimuti salju abadi, jadi nggak bisa dibayangkan dinginnya, hiiih… luar biasa. Medannya, hampir semuanya hamparan salju yang diselingi pepohonan. Tapi awas. jangan coba coba mendaki tanpa lapisan pakaian tebal, bisa bisa membeku tubuhnya serta peralatan lengkap yang dibutuhkan. Hal ini terbukti banyak para pendaki yang gagal bahkan sampai meninggal karena hambatan alam atau terhalang oleh longsoran salju (avalanches), pecahan dan retakan permukaan es (crevasses), badai gunung (strong winds), serta tipisnya oksigen. Sehingga puncak yang berjuluk "Atap Dunia" itu menjadi salah satu gunung paling ekstrem bagi pendaki.

Untuk menaklukkan puncak Mount Everest, para pendaki harus menempuh perjalanan kurang lebih empat sampai enam hari, bisa melalui Kathmandu, Nepal, yang biasa disebut pendakian dari sisi selatan atau "Jalur Selatan". Jalur ini dikenal sebagai "Jalur Kematian" yang nyaris sulit ditempuh. Untuk mendaki puncak tertinggi didunia ini para petualangan harus membawa peralatan yang lengkap seperti crampon atau kait logam, kain ultra hangat, tenda dan masih banyak lagi.

Bagi suku Sherpa atau penduduki Tibet dan Nepal percaya bahwa di sekitar Himalaya terutama Mount everest didiami mahluk berbulu yang disebut YETI. Namun hingga kini para pendaki gunung belum pernah melihat atau bertemu dengan mahluk legendaris itu .Hb)
.

Tidak ada komentar: